Monday, July 11, 2011

Mengoptimalkan Kecerdasan Anak

Sumber : dr. Robert H. Hatibie

Orangtua mana yang tidak ingin anaknya cerdas dan menjadi juara. Namun, yang masih menjadi pertanyaan, apa saja yang yang dibutuhkan si kecil agar pertumbuhan dan perkembangan otaknya menjadi optimal.

Faktor yang paling penting untuk tumbuh kembang otak adalah faktor nutrisi untuk mendukung pembentukan sel-sel otak.

Nutrisi sangat berperan mulai dari kandungan, jadi seorang ibu yang hamil harus juga memerhatikan asupan gizi baik untuk dirinya maupun untuk sang janin. Yang harus diperhatikan adalah kecukupan protein, asam lemak esensial, multivitamin dan multimineral.

"Air susu ibu (ASI) adalah makanan terbaik untuk bayi". Setelah bayi lahir, kebutuhan zat gizi dilakukan melalui pemberian ASI Eksklusif sejak hari pertamanya sampai usia 6 bulan. Setelah proses menyusui terlampaui, harus dipikirkan nutrisi yang baik yang mendekati komposisi ASI bagi sang anak. Demikian juga bagi ibu yang sejak melahirkan bayinya tak dapat menyusui karena sesuatu hal. Nutrisi yang diyakini dapat meningkatkan kualitas otak dan retina anak adalah asam lemak DHA (Docosahexaenoic acid) atau Omega -3 dan AA (Arachidonic  acid) atau omega -6. Asam lemak ini merupakan asam lemak esensial, artinya tidak dapat dibentuk oleh tubuh sehingga harus ditambah dari luar. Pemberian nutrisi yang baik kita sebut "Asuh" sedangkan dua faktor pendukung yang lain ikut berperan dalam perkembangan otak adalah "Asah" (stimulasi/ pendidikan) dan "Asih" (kasih sayang).
Dengan memberikan nutrisi, pendidikan dan kasih sayang yang optimal, kita akan memperoleh anak-anak yang menjadi juara dibidangnya.


No comments: