Monday, July 11, 2011

6 Makanan yang tidak sehat untuk anak

Sumber : Detikhealth - Jakarta
dr. Robert F. Hatibie

Anak-anak memerlukan nutrisi yang tepat agar pertumbuhan dan perkembangan tubuhnya berjalan baik. Kesibukan orangtua sering membuat anak harus diberikan berbagai makanan yang tidak sehat.
Berikut 6 makanan paling tidak sehat untuk anak, seperti dilansir Life mojo, Kamis (15/6/2011).
  1. Chicken Nugget. Termasuk makanan yang tidak sehat karena banyak mengandung garam & high-fructose corn syrup yang ditumbahkan untuk menambah rasa, diikuti dengan cara digoreng dalam minyak terhidrogenasi yang mengandung lemak trans. Makanan ini rendah nilai gizi, tinggi kalori & lemak.
  2. French Fries. Makanan ini tinggi kandungan lemak, tinggi kalori, natrium (garam) & digoreng dengan menggunakan minyak terhidrogenasi yang mengandung lemak trans. Selain itu, penelitian telah menunjukan bahwa pemanasan makanan bertepung seperti kentang dalam suhu yang ekstrim menciptakan karsinogen disebut akrilamida, yang bisa memicu kanker.
  3. Keripik Kentang. Makanan ini juga tinggi lemak jenuh dan garam. Beberapa keripik kentang juga dapatmembentuk akrilamida yang memicu kanker.
  4. Soda/ soft drink. Minuman manis/ bersoda tinggi akan kalori yang berasal dari gula & karbohidrat. Bila berlebihan mengonsumsi minuman ini bisa menyebabkan obesitas & kerusakan gigi pada anak-anak.
  5. Sereal Manis. Beberapa sereal ditambahkan dengan pengawet, bahan kimia terhidrogenasi dan pewarna buatan. Pilihlah sereal gandum utuh sebagai pilihan terbaik untuk sarapan anak Anda.
  6. Pizza. Topping pizza biasanya menggunakan sosis, daging yang bersifat karsinogen nitrat & nitrit. Tambahan keju juga akan menambah kalori ektra. Jika ingin makan pizza sebaiknya pilih pizza gandum dengan topping ayam tanpa kulit, sayur-sayuran dengan sedikit keju.
Rekomendasi produk :
Untuk mengurangi/ menghilangkan dampak buruk dari makanan diatas berikan Honey Bee Pollens, Bee Propolis dan Clover Honey secara rutin kepada anak-anak kita. Namun sedapat mungkin hindari makanan seperti contoh diatas.

No comments: