Monday, May 21, 2007

Berapa Bonus Anda Bulan Ini

Bandung, (15/5).-

Pertanyaan di atas sebenarnya biasa-biasa saja, namun bagi saya dan keluarga menjadi luar biasa. Kenapa ? Karena selama bekerja di sebuah perusahaan swasta, 3-4 tahun terakhir ini tidak ada kenaikan gaji, sementara kebutuhan keluarga dan harga-harga cenderung meningkat setiap hari. Jadi kalaulah ada ungkapan besar pasak daripada tiang, memang benar adanya.
Masih ingat ketika 2 minggu lalu saya memulai bisnis High Desert ? Kemudian diakhir bulan saya sampaikan potensi keuntungan dari Omzet sebesar Rp 3,8 Juta itu, saya memperoleh kesempatan untung Rp 822.000 ?
Darimana menghitungnya ??? Itu diambil dari selisih harga jual dan harga setoran ke kantor HD di Jalan BKR 80 Bandung. Memang sih, tidak semuanya berbentuk uang karena ada juga yang saya kembalikan dalam bentuk investasi atau asal terjual saja (harga distributor). Yang penting bisa terjual dan ada mitra kerja saja dulu.
Namun yang saya incar adalah bonus atau insentif bulanan.
Rekening kosong
Sejak awal saya sengaja memberi nomor rekening yang sudah kosong alias tidak ada dananya kepada perusahaan Multi Nasional produk perlebahan ini. Kenapa ? Karena saya tidak ingin lalu lintas uang keluar masuk bercampur dengan bonus bulanan. Jadi dengan rekening yang kosong bisa ketahuan berapa bonus yang saya terima.
Perhitungannya adalah ada yang 5 % dari insentif/bonus yang diberikan mitra kerja (down line) ada juga yang bonus dari pembelian pribadi. Sebagai Manager di HD saya mempunyai 3 kaki (DL) dan masing-masing kaki harus mencapai pembelian 250 Bisnis Point. Sedangkan saya pribadi harus 300 BP.
Nah, target ini tercapai dalam dua minggu pertama. Yang menjadimotivasinya adalah Ibu Hj. R. Ike Sartika. Dalam waktu singkap beliau bisa dapat HP baru, kok saya tidak bisa. Begitu juga Ibu Ratna (Wa Djudjun) dengan segala kelebihan dan keterbatasannya, dua orang nenek ini bisa menjadi manager di HD dalam waktu singkat kenapa saya tidak bisa?.
Apalagi suasana di kantor yang ’’memburu’’ seolah saya harus segera hengkang karena staf yang baru sudah masuk dan magang. Jadi soal pergantian tempat, mutasi dan rotasi hanya soal waktu saja. Inilah yang memacu saya segera mencari alternatif lain. Tapi kerja apa ? saya tidak punya modal dan tidak punya keterampilan, apalagi waktu yang saya miliki sangat terbatas.
Jawabannya adalah bisnis produk perlebahan di High Desert. Bonusnya. Alhamdulillah pada bulan pertama (dua minggu pertama) saya mendapat Rp 770.490. Akan dipakai untuk apa ? Sesuai janji saya, bonus pertama akan dibelikan gelas minum buat Alya, Beli BH merek Ammo buat Istri saya dan sisanya ..... makan-makan yuk. Nanti ditunggu tanggal 17 Mei di Banjaran. Ha.....ha.... sekalian syukuran gitu lho. (EW)

No comments: