Monday, May 21, 2007

Kerja Keras + Cerdik = Sukses ?

Bandung, (16/5)
Dalam perjalanan dari rumah ke kantor, saya terjebak macet antara bojongsoang-buah batu. Di dalam mobil saya terkekeh-kekeh karena batuk yang tidak kunjung berhenti. Saya juga berfikir, apa yang menyebabkan saya menjadi sakit seperti ini ? Jawabannya adalah selama dua-empat minggu terakhir ini, saya bekerja keras kesana-kemari dengan menggunakan sepeda motor.
Hujan, panas, debu semua tidak saya hiraukan. Yang terfikirkan adalah bagaimana membuat jaringan seluas mungkin dan menjual produk High Desert (HD) sebanyak mungkin dalam waktu singkat. Hasilnya adalah saya cukup puas ketika potensi keuntungan saya diakhir bulan April tercatat Rp 822.000 dan Bonus Bulan April yang dibayar tanggal 15 Mei Rp 774.000. Atau total sekitar Rp 1,5 juta.
Puas, ya tentu saja saya cukup puas dengan hasil ini karena target sebenarnya saya bulan pertama hanya berkisar Rp 30.000-Rp 50.000 saja. Bahkan orang terdekat saya hanya memperkirakan akan mendapat paling tinggi Rp 150.000. Cukup puas lah untuk ukuran pemula, amatir, free lance dan sisa-sisa waktu yang sangat sempit.
Namun kerja keras saya ini harus dibayar mahal, apa itu ? Batuk dan sakit meriang. Saya menduga sakit maag saya mulai sembuh karena mengkonsumsi Pollenergy 520 secara rutin selama satu bulan terakhir. Namun flek paru-paru yang semula ingin saya tutupi (tidak ingin ketahuan publik), akhirnya muncul juga.
Flek Paru-paru ?
Dokter sebenarnya sudah mencurigai ada sesuatu di paru-paru saya. Meski saya tidak merokok, namun kebiasaan menggunakan sepeda motor sejak SMP dulu dan Camping di alam terbuka belasan tahun lalu kini mulai menunjukkan efek negatifnya. Jika sesekali saya merokok, pasti batuk. Begitu juga jika 3 hari saja terus menerus menggunakan motor maka pasti Batuk. Apalagi minggu-minggu kemarin sempat ke Cipendawa (Puncak) menggunakan motor.
Anak tertua saya yang alergi udara dingin (bersin dan hidung berlendir) kini tengah diterapi, dia kini mengkonsumsi Aller Bee Gone. Saya juga sering ’’mencuri-curi’’ propolis yang dia konsumsi, hasilnya badan (dada) lega bernafas. Namun karena keterbatasan dana, persediaan Bee Propolis sempat habis, sedangkan saat itu saya betul-betul butuh untuk mencegah batuk saya berkepanjangan.
Ketika tengah di toko servis HP Selasa (15/5), iseng-iseng saya mengecek kartu ATM BCA saya yang diyakini kosong (hanya sisa Rp 16.000). Saya sangat kaget mesin ATM milik Bank NISP itu justru menunjukkan angka 774.000. Tidak percaya saya lalu mencari ATM BCA dan kembali cek saldo ternyata Rp 774.000.
Saya tersadar, kalau saya ini seorang pekerja yang ’’cukup’’ keras, namun tidak cerdik ? Kenapa ? Karena banyak hal-hal yang setelah saya evaluasi ternyata tidak dilakukan dengan cerdik ? Memang dalam bisnis HD Cerdik itu perlu, bukan berarti Nakal atau Curang, namun mendekati efisien dan efektif.
Nah, jika anda ingin sukses di bisnis HD, maka anda harus KERJA KERAS, TAPI JUGA HARUS CERDIK. Jika belum berhasil,... gagal....KEMBALI KE ...... 5 TRAINING DASAR.(EW).

No comments: