Tuesday, February 3, 2009

Migrain, Apa dan Bagaimana?

Sumber : Majalah Harmoni edisi Des 2008

Secara definisi klinis, migran merupakan gangguan neurologik paroksismal, dengan gejala berupa serangan nyeri kepala spontan atau dicetuskan secara episodik yang disertai gangguan fisik seperti mual, muntah, juga lebih sensitif terhadap suara dan cahaya.

Gejala khas nyeri kepala pada migrain berupa nyeri kepala sebelah, berdenyut, bertambah dengan aktifitas yang berlangsung sampai beberapa jam atau hari. Meski sering dirasakan di salah satu sisi kepala, namun nyerinya bisa berpindah atau mengenai kedua sisi sekaligus.

Orang yang menderita Migrain mempunyai ciri-ciri sbb:
  • minimal terdapat 5x serangan dalam sehari
  • nyeri kepala menyerang selama 4-72 jam
  • nyeri kepala dengan diikuti nyeri kepala sebelah, berdenyut saat jalan atau mendaki tangga
  • nyeri kepala disertai mual sampai muntah
  • sensitif terhadap sinar atau suara
Penyebab Migrain :
adalah gangguan fungsi peredaran darah pada otak, penyempitan pembuluh darah di otak. Sedangkan sakit kepala yang disertai migrain akibat melebarnya pembuluh nadi kulit kepala. Faktor pencetus migrain bisa berasal dari makanan, misalnya cokelat, susu padat lemak, keju, ikan dalam kaleng dll. Faktor lainnya bisa berasal dari emosi akibat stress, kegembiraan berlebihan, rasa tertekan, takut, kuatir. Atau bisa juga dari pil KB atau obat-obatan yang mengandung estrogen, gangguan keseimbangan hormonal saat menstruasi, merokok, cahaya matahari, hawa dingin, kurang tidur atau kelewat banyak tidur.

Manfaat Produk High Desert :
HD Pollenergy 520, HD Royale Jelly Liq atau tab dan HD Bee Propolis mempunyai spesifikasi yang dapat bekerja untuk regenerasi sel. Ketiga produk ini bisa membantu menyembuhkan migrain Anda. Jika dikonsumsi bersamaan maka akan mempunyai efek saling menguatkan kerja produk yang lainnya.

No comments: